Daftar Blog Saya

Sabtu, 15 Oktober 2011

Paragraf Argumentasi

Paragraf Argumentasi adalah paragraf atau karangan yang membuktikan kebenaran tentang sesuatu.
Untuk memperkuat ide atau pendapatnya penulis wacana argumetasi menyertakan data-data pendukung. Tujuannya, pembaca menjadi yakin atas kebenaran yang disampaikan penulis. Dalam penulisan argumentasi isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan obyektif dimana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat.

Dalam paragraf argumentasi, biasanya ditemukan beberapa ciri yang mudah dikenali.
Ciri- ciri tersebut misalnya
(1) ada pernyataan, ide, atau pendapat yang dikemukakan penulisnya;
(2) alasan, data, atau fakta yang mendukung;
(3) pembenaran berdasarkan data dan fakta yang disampaikan. Data dan fakta yang digunakan untuk menyusun wacana atau paragraf argumentasi dapat diperoleh melalui wawancara, angket, observasi, penelitian lapangan, dan penelitian kepustakaan.
(4)Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin.
(5) Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian.
(6) Penutup berisi kesimpulan
(7) Mengandung data atau fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.
(8) Penjelasannya disampaikan secara logis.

Pada akhir paragraf atau karangan, perlu disajikan kesimpulan. Kesimpulan ini yang membedakan argumentasi dari eksposisi.

Tujuan yang ingin dicapai melalui pemaparan argumentasi ini, antara lain :
1. melontarkan pandangan / pendirian
2. mendorong atau mencegah suatu tindakan
3. mengubah tingkah laku pembaca
4. menarik simpati

Dilihat dari struktur informasinya, dalam paragraf argumentasi akan ditemukan:
1. Pendahuluan, bertujuan untuk menarik perhatian pembaca, memusatkan perhatian pembaca kepada argumen yang akan disampaikan, atau menunjukkan dasar-dasar mengapa argumentasi dikemukakan.
2. Tubuh argumen, bertujuan untuk membuktikan kebenaran yang akan disampaikan dalam paragraf argumentasi sehingga kesimpulan yang akan dicapai juga benar. Kebenaran yang disampaikan dalam tubuh argument harus dianalisis, disusun, dan dikemukakan dengan mengadakan observasi, eksperimen, penyusun fakta, dan jalan pikiran yang logis.
3. Kesimpulan atau ringkasan, bertujuan untuk membuktikan kepada pembaca bahwa kebenaran yang ingin disampaikan melalui proses penalaran memang dapat diterima sebagai sesuatu yang logis.



Cara Menulis Paragraf Argumentasi

Tahap Perencanaan

Untuk esai argumen untuk menjadi efektif, harus mengandung unsur tertentu. Untuk alasan ini, Anda harus mengambil beberapa menit untuk merencanakan sebelum Anda melompat ke dalam menulis esai argumen.

Cari Topik Baik
Untuk menemukan topik yang baik untuk sebuah esai argumen Anda harus mempertimbangkan beberapa isu yang akan memiliki dua titik pandang yang bertentangan atau kesimpulan yang sangat berbeda. Ketika Anda memeriksa daftar topik anda harus menemukan satu yang benar-benar percikan minat Anda.

Sementara minat yang kuat dalam topik adalah penting, itu tidak cukup. Berikutnya Anda harus mempertimbangkan apa posisi Anda dapat membuat cadangan dengan alasan. Itu salah satu hal untuk memiliki keyakinan yang kuat, tetapi ketika membentuk sebuah argumen anda harus menjelaskan mengapa keyakinan Anda adalah wajar dan logis.

Ketika Anda menjelajahi topik, membuat daftar mental poin yang Anda dapat digunakan sebagai bukti untuk atau terhadap masalah.

Pertimbangkan Kedua Sisi Topik Anda dan Ambil Posisi

Setelah memilih topik anda merasa kuat tentang, Anda harus membuat daftar poin untuk kedua sisi argumen dan memilih sisi. Salah satu tujuan pertama Anda dalam esai Anda akan menampilkan kedua sisi masalah Anda dengan penilaian masing-masing. Tentu saja, Anda akan menyimpulkan bahwa satu sisi (sisi Anda) adalah kesimpulan yang terbaik.

Pada tahap perencanaan Anda akan perlu untuk mempertimbangkan argumen yang kuat untuk sisi "lain". Kemudian Anda akan menembak mereka turun!

Kumpulkan Bukti
Ketika kita berpikir tentang argumen kita mungkin gambaran dua orang berwajah merah berbicara cukup keras dan membuat gerakan dramatis. Tapi itu karena face-to-face argumen sering menjadi emosional. Bahkan, tindakan berdebat melibatkan menyediakan bukti untuk mendukung klaim Anda, dengan atau tanpa emosi.

Dalam sebuah esai argumen anda harus memberikan bukti tanpa memberikan terlalu banyak drama. Anda akan mempelajari dua sisi dari sebuah topik (singkat) dan memberikan bukti seperti mengapa satu sisi atau posisi adalah yang terbaik.
Menulis Tahap

Setelah Anda telah memberi diri Anda landasan yang kuat untuk bekerja dengan, Anda bisa mulai kerajinan esai Anda. Esai Argumen harus mengandung tiga bagian: pengantar, tubuh, dan kesimpulan. Panjang bagian-bagian (jumlah paragraf) akan bervariasi, tergantung pada panjang tugas esai Anda.

1. Memperkenalkan topik Anda dan menegaskan sisi Anda

Seperti dalam setiap esai, paragraf pertama dari esai argumen Anda harus berisi penjelasan singkat tentang topik Anda, beberapa informasi latar belakang, dan pernyataan tesis. Dalam hal ini, tesis Anda akan menjadi laporan posisi Anda pada topik kontroversial tertentu.

Contoh paragraf pengantar dengan pernyataan tesis:

Sejak pergantian abad baru, teori telah muncul mengenai akhir dunia, atau setidaknya akhir kehidupan seperti yang kita kenal. Pusat ini teori baru sekitar tahun 2012, tanggal yang banyak yang mengklaim memiliki asal-usul misterius dalam naskah kuno dari berbagai budaya. Karakteristik yang paling mencatat tanggal ini adalah bahwa ia muncul untuk menandai akhir kalender Maya. Tetapi tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Maya melihat relevansi besar untuk tanggal ini. Bahkan, tidak ada klaim sekitarnya peristiwa hari kiamat 2012 tahan terhadap penyelidikan ilmiah. Tahun 2012 akan berlalu tanpa bencana besar, hidup-mengubah.

2. Kini kedua sisi kontroversi

Tubuh esai Anda akan berisi daging argumen Anda. Anda harus pergi ke detail lebih lanjut tentang dua sisi kontroversi Anda dan negara poin terkuat dari sisi-counter masalah Anda.

Setelah menggambarkan "lain" sisi, Anda akan menyajikan sudut pandang Anda sendiri dan kemudian memberikan bukti untuk menunjukkan mengapa posisi Anda adalah yang benar.

Pilih bukti Anda kuat dan menyajikan poin Anda satu per satu. Gunakan campuran jenis bukti, dari statistik, dengan penelitian lain dan cerita anekdot. Ini bagian dari kertas Anda bisa setiap panjang, dari dua paragraf sampai dua ratus halaman.

Re-menyatakan posisi Anda sebagai yang paling masuk akal dalam paragraf ringkasan Anda.

Tips untuk Essay Anda:

* Hindari bahasa emosional
* Tahu perbedaan antara kesimpulan logis dan emosional titik pandang
* Jangan membuat bukti
* Cite sumber Anda
* Membuat garis besar
* Bersiaplah untuk mempertahankan sisi Anda dengan mengetahui argumen kuat untuk sisi lain. Anda mungkin akan ditantang oleh guru atau oleh siswa lain.


Dalam berargumentasi, unsur-unsur yang ada harus diatur secara logis dengan bentuk penalaran tertentu. Bentuk penalaran yang ada adalah penalaran induksi dan penalaran deduksi. Penalaran induksi adalah bentuk penalaran yang bertolak dari pernyataan khusus kemudian menarik kesimpulan secara lebih umum. Penalaran induktif tidak boleh membuat kesimpulan yang melebihi kelayakan fakta sebagai pendukung. Penalaran deduksi adalah penalaran yang bertolak dari pernyataan umum yang dipakai untuk mengamati pernyataan khusus sebagai dasar mengambil kesimpulan.

Berikut ini struktur penulisan argumentasi.
1. Pendahuluan
Pendahuluan berisi latar belakang masalah dan permasalahan.
2. Isi
Isi karangan adalah keseluruhan uraian yang berusaha menjawab permasahan yang dikemukakan dalam pendahuluan. Uraian isi karangan berupa pernyataan, data, fakta, contoh, atau ilustrasi yang diambil dari pernyataan, pendapat umum, pendapat para ahli, hasil penelitian, kesimpulan yang dapat mengukuhkan bahwa
pemecahan permasalahan itu harus demikian.
3. Penutup
Penutup berupa ikhtisar atau kesimpulan. Adapun langkah-langkah dalam menulis argumentasi adalah sebagai berikut:
1. memilih topik karangan,
2. mengumpulkan bahan,
3. menyusun kerangka karangan,
4. mengembangkan pendahuluan,
5. mengembangkan isi karangan,
6. membuat penutup karangan.





Contoh paragraf argumentasi:

  1. amir benar-benar jempolan
Argumentasi: Menyetop bola dengan dada dan kaki dapat ia lakukan secara sempurna. Tembakan kaki kanan dan kiri tepat arahnya dan keras. Sundulan kepalanya sering memperdayakan kiper lawan. Bola seolah-olah menurut kehendaknya. Larinya cepat bagaikan kijang. Lawan sukar mengambil bola dari kakinya. Operan bolanya tepat dan terarah. Amin benar-benar pemain bola jempolan (Tarigan 1981 : 28).





2. Mempertahankan kesuburan tanah merupakan syarat mutlak bagi tiap-tiap usaha pertanian.
Argumentasi: Selama tanaman dalam proses menghasilkan, kesuburan tanah ini akan berkurang. Padahal kesuburan tanah wajib diperbaiki kembali dengan pemupukan dan penggunaan tanah itu sebaik-baiknya. Teladan terbaik tentang cara menggunakan tanah dan cara menjaga kesuburannya, dapat kita peroleh pada hutan yang belum digarap petani.



3. Menurut Iskandar, sudah saatnya masyarakat mengubah paradigma agar lulusan SMP tidak latah masuk SMA. Kalau memang lebih berbakat pada jalur profesi sebaiknya memilih SMK. Dia mengingatkan sejumlah risiko bagi lulusan SMP yang sembarangan melanjutkan sekolah. Misalnya, lulusan SMP yang tidak mempunyai potensi bakat-minat ke jalur akademik sampai perguruan tinggi, tetapi memaksakan diri masuk SMA, dia tidak akan lulus UAN karena sulit mengikuti pelajaran di SMA. Tanpa lulus UAN mustahil bisa sampai perguruan tinggi. Pada akhirnya mereka akan menjadi pengangguran karena pelajaran di SMA tidak memberi bekal untuk bekerja.
Sumber : Cerdas Berpikir Bahasa dan Sastra Indonesia
argumentasi : memilih SMA tanpa pertimbangan yang matang hanya akan menambah pengangguran.



4. 300 Tewas selama Perayaan Imlek


Minggu, 21 Februari 2010 – 09:01 wib
HANOI – Angka kecelakaan saat perayaan Hari Raya Imlek di Vietnam cukup mencengangkan. Selama perayaan, sekira 300 orang tewas akibat kecelakaan kendaraan bermotor.
Menurut media setempat, kecelakaan tersebut sebagian besar berkaitan dengan tingkah pengemudi yang mengkonsumsi minuman beralkohol saat mengemudi. Angka kematian ini dicatat sejak awal liburan perayaan Imlek, yaitu 13 Februari.
Lebih dikenal dengan Tet, Hari Raya Imlek yang jatuh pada 14 Februari itu merupakan perayaan paling penting bagi rakyat Vietnam. Warga Vietnam melakukan perjalanan darat untuk mengunjungi sanak saudara mereka. Demikian diberitakan AFP, Minggu (21/2/2010).
Tidak hanya 300 orang tewas, sekira 400 lainnya juga dilaporkan menderita luka-luka. Data yang dikumpulkan pihak kepolisian selama sepekan ini, menunjukkan hampir seluruh korban terdeteksi alkohol di darah mereka.
Pada perayaan tahun lalu, 50 orang tewas setiap harinya selama lima hari perayaan akibat kecelakaan.
Tak heran jika pada 2007 Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan angka kematian akibat kecelakaan di Vietnam sebagai sebuah ‘epidemi’.
Argumentasi : Menurut media setempat, kecelakaan tersebut sebagian besar berkaitan dengan tingkah pengemudi yang mengkonsumsi minuman beralkohol saat mengemudi. Angka kematian ini dicatat sejak awal liburan perayaan Imlek, yaitu 13 Februari


5. UE Pertimbangkan Beri USD34 M untuk Utang Yunani
Minggu, 21 Februari 2010 – 16:38 wib
BERLIN – Uni Eropa dikabarkan dapat memberikan bantuan dana untuk utang bersyarat Yunani hingga 25 miliar euro atau setara USD34 miliar.
Dilansir dari AFP, Minggu (21/2/2010), jumlah masing-masing negara yang memberikan kontribusi utang tersebut akan dihitung sesuai dengan posisi mereka di Bank Sentral Eropa.
Oleh karena itu Jerman akan memberikan kontribusi hampir 20 persen dari paket bantuan potensial, setara dengan hingga lima miliar euro, yang akan dibuat pada bagian kredit dan jaminan.
Seperti diketahui, para pemimpin Eropa telah berjanji sebagai solidaritas mereka untuk membantu Yunani, yang memiliki total utang diperkirakan mencapai sekira 300 miliar euro. Kendati demikian pihak Uni Eropa belum mengumumkan apapun mengenai bantuan keuangan yang konkret.
Uni Eropa sendiri telah mengkonfirmasi serangkaian langkah-langkah untuk menempatkan bantuan atas utang Yunani di bawah anggaran pengawasan yang baru.
Yunani berkomitmen untuk mengurangi defisit publik sebesar 12,7 persen dari produk domestik bruto sebanyak empat persen selama 2010. Adapun batas dari negara-negara tunggal di zona mata uang Euro akan dikenakan sebesar tiga persen. Athena juga telah mengumumkan program tabungan utama yang akan dikontrol oleh Komisi Eropa.(ade).
Argumentasi : Adapun batas dari negara-negara tunggal di zona mata uang Euro akan dikenakan sebesar tiga persen. Athena juga telah mengumumkan program tabungan utama yang akan dikontrol oleh Komisi Eropa








6. Flu Babi Tewaskan Hampir 16 Ribu Orang
Minggu, 21 Februari 2010 – 10:07 wib
JENEWA – Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan angka kematian akibat flu babi di seluruh dunia sudah mendekati angka 16 ribu jiwa.
Sejak pertama kali ditemukan pada 2009 hingga 14 Februari 2010, lebih dari 212 negara telah melaporkan epidemi flu H1N1. Laporan ini termasuk korban tewas akibat H1N1 yang mencapai 15,921 orang,” demikian isi pernyataan WHO yang dikutip AFP, Minggu (21/2/2010).
Angka kematian tersebut dicatat sejak virus H1N1 pertama kali ditemukan di Meksiko dan Amerika Serikat, pada April 2009. Sejak saat itu korban akibat virus mematikan ini sudah berkembang 629 kali.
Beberapa negara di Afrika Barat terus mencatatkan penambahan korban. Namun WHO menyimpulkan jika tidak ada cukup bukti jika kasus flu babi di Afrika Barat menyebar luas di wilayah pedalaman.
Di wilayah bertemperatur tinggi seperti wilayah utara bumi, secara keseluruhan pandemi flu mematikan ini, menurun. Hal itu juga terjadi di beberapa negara yang menjadi wilayah kantong pandemi tersebut,” ungkap WHO
Argumentasi : Di wilayah bertemperatur tinggi seperti wilayah utara bumi, secara keseluruhan pandemi flu mematikan ini, menurun. Hal itu juga terjadi di beberapa negara yang menjadi wilayah kantong pandemi tersebut,” ungkap WHO


7. Sebanyak 41 Jemaah Tewas
Menara Masjid Tua di Maroko Roboh Saat Shalat Jumat
Minggu, 21 Februari 2010 | 03:52 WIB
Meknes, Sabtu – Menara masjid tua Lalla Khenata di kota tua Bab el Berdieyinne, Meknes, Maroko, roboh menewaskan 41 orang dan melukai 76 jemaah lainnya, kata pejabat setempat, Sabtu (20/2). Jumlah korban mungkin bertambah karena puing menara belum semuanya dibersihkan.
Pejabat tersebut mengatakan, menara masjid dari abad ke-18 itu roboh pada saat sekitar 300 anggota jemaah tengah melakukan shalat Jumat (19/2). Sampai hari Sabtu regu penyelamat terus membersihkan puing mencari kemungkinan masih adanya korban yang tertimbun.
Warga dan pejabat menjelaskan, dalam beberapa hari hingga Jumat itu, hujan deras terus mengguyur kota. Mereka menduga menara roboh akibat rapuhnya tanah tempat menara berdiri, yang terus diguyur hujan deras sepekan ini. Hujan terus-menerus tersebut juga menyebabkan banjir di berbagai wilayah Maroko, baik di utara maupun di selatan. Banyak pula jalan yang rusak.
Hingga hari Sabtu diperkirakan masih ada korban di bawah timbunan puing menara yang belum selesai dibersihkan. Tayangan televisi menunjukkan, ratusan anggota jemaah memenuhi lorong masjid, mengais puing-puing dengan tangan telanjang, untuk membersihkan masjid dan mencari korban selamat. Regu penyelamat juga menggunakan tangan kosong atau sekop. Mereka membentuk rantai manusia untuk memindahkan dan membersihkan puing.
Menurut seorang pejabat, selain dipenuhi jemaah yang tengah mengikuti shalat Jumat, saat itu juga sedang ada shalat jenazah. ”Selain shalat Jumat, jemaah juga sedang mendoakan jenazah yang terbaring di dalam masjid,” kata pejabat itu.
Kementerian Dalam Negeri Maroko pada awalnya mengatakan, jumlah korban tewas 11 orang dalam musibah yang terjadi pukul 12.45 GMT itu. Ternyata jumlah korban, baik yang tewas maupun terluka, terus meningkat. Hingga Sabtu siang korban tewas telah mencapai 41 orang dan 76 orang cedera.
Kepala pertahanan sipil lokal, Alaoui Ismaili, mengatakan, operasi penyelamatan berjalan lambat karena masjid itu terletak di kawasan kota tua dengan jalan-jalan sempit. Selain itu, lokasi masjid itu kini dikepung tembok-tembok tinggi. Petugas penyelamat hanya bisa menggunakan tenaga manusia karena alat berat tidak bisa masuk ke lokasi musibah
Argumentasi : Pejabat tersebut mengatakan, menara masjid dari abad ke-18 itu roboh pada saat sekitar 300 anggota jemaah tengah melakukan shalat Jumat (19/2)

8. Kandidat PDIP Mulai Saling Klaim Dukungan
Minggu, 21 Februari 2010 – 16:17 wib
SUKABUMI - Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi dari PDIP terus menggeliat. Menjelang penetapan usungan balon 27 Mei 2010 mendatang, para kandidat mulai saling klaim dukungan Pimpinan Anak Cabang (PAC).
Salah satu kubu yang menyatakan telah memperoleh dukungan PAC PDIP adalah pasangan Hasymi Romli-Iman Adi Nugraha. “Sejak melamar ke PDIP, kami sudah melakukan pendekatan dengan para pengurus PAC,” kata Iman Adi Nugraha yang kini menjabat sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/2/2010).
Tindakan yang sama juga dilakukan oleh kubu pasangan Lukas Mulyana. Mantan Kepala Dispenda Kabupaten Sukabumi ini mengklaim telah mengantongi dukungan lebih dari 35 PAC dari 47 PAC PDIP yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Tingginya jumlah dukungan tersebut tidak lebih karena faktor sejarah dan kedekatan Lukas Mulyana dengan PDIP.
Santo, juru bicara tim pemenangan Lukas Mulyana, menyebutkan pernyataan dukungan dari para PAC ini sudah terrealisasi dalam bentuk pernyataan tertulis. “Dari 47 PAC yang ada, setidaknya kami sudah mendapatkan dukungan dari 35 PAC. Hal ini sangat mudah sekali kami peroleh, mengingat pak Lukas adalah figur yang telah akrab dengan PDIP,” tuturnya.
Seperti diketahui, terdapat tujuh nama bakal calon bupati dan wakil bupati yang masuk dalam nominasi kandidat PDIP. Saat ini ketujuh nama tersebut masih dalam tahap penggodokan untuk mendapatkan rekomendasi pengusungan dari DPP PDIP. Selain Lukas Mulyana, Hasymi Romli dan iman Adi Nugraha, empat nama lainnya yakni Ayu Azhari, Dadun Amarudien, Bambang Jayawartawa dan budi Widaya.
Sementara itu Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi Muhammad Zaenudin mengatakan dukungan PAC tidak mempengaruhi terhadap lahirnya penetapan pengusungan. Pasalnya, penetapan usungan adalah hak sepenuhnya kepengurusan tingkat DPP, dalam hal ini Ketua umum Megawati Soekarnoputri.
Kendati demikian dukungan PAC tetap diperlukan, apalagi pascalahirnya penetapan pengusungan. Sebab bagaimanapun motor politik pada pilkada ini berada di tingkat PAC. Kepengurusan tingkat kecamatan inilah menjadi penentu dalam meraih serta mempertahankan suara PDIP,” pungkasnya
Argumentasi : Salah satu kubu yang menyatakan telah memperoleh dukungan PAC PDIP adalah pasangan Hasymi Romli-Iman Adi Nugraha. “Sejak melamar ke PDIP, kami sudah melakukan pendekatan dengan para pengurus PAC,” kata Iman Adi Nugraha yang kini menjabat sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/2/2010)


9. Dua tahun terakhir, terhitung sejak Boeing B-737 milik maskapai penerbangan Aloha Airlines celaka, isu pesawat itu mencuat ke permukaan.
Argumentasi: Ini bisa dimaklumi sebab pesawat yang badannya koyak sepanjang 4 meter itu sudah dioperasikan lebih dari 19 tahun. Oleh karena itu, adalah cukup beralasan jika orang menjadi cemas terbang dengan pesawat berusia tua.
Di Indonesia, yang mengagetkan, lebih dari 60% pesawat yang beroperasi adalah pesawat tua. Amankah? Kalau memang aman, lalu bagaimana cara merawatnya dan berapa biayanya sehingga ia tetap nyaman dinaiki?





Jenis-jenis Paragraf Argumentasi
Berbeda dengan jenis-jenis paragraf/wacana yang lain, argumentasi memfokuskan pada penyampaian alasan-alasan rasional yang meyakinkan atas opini yang dikedepankan. Dengan argumentasi tersebut diharapkan pembaca membenarkan pendapat tersebut, bisa menerima gagasan yang disampaikan sebagai sesuatu yang masuk akal.
Perbedaan antara paragraf induktif dengan paragraf deduktif lebih terletak pada posisi kalimat inti atau kalimat utama atau ide-ide pokoknya sebagai kristal pembicaraan. Paragraf induktif dimulai dari kalimat-kalimat uraian yang lalu mengerucut menjadi inti senagai kesimpulan. Dalam paragraf deduktif dihadirkan terlebih dulu pernyataan umum yang maknanya luas yang dirumuskan dalam kalimat utama/kalimat inti. Kalimat-kalimat yang hadir selanjutnya merupakan penjelasan atas kalimat inti tersebut
Itulah ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif. Berangkat dari pemahaman ciri-ciri tersebut, hendaknya bisa disusun kerangka paragraf yang akan ditulis.
1.Argumentasi deduktif
argumen deduktif adalah selalu menguji dan meneliti, apakah premis-premis dalam argumen ini benar atau salah, atau sangat mungkin atau sangat tidak mungkin, dan bukannya, apakah argumen tersebut sahih atau tidak sahih. Dengan demikian, bahkan sebuah argumen deduktif tidak menawarkan 100% bukti jika salah satu premis membuat sebuah klaim mengenai keberadaan sesuatu. Harus diakui bahwa cara kerja argumen deduktif cukup sulit dipahami.
Jika premis-premisnya benar dan berhasil menghasilkan kesimpulan yang pasti, maka argumen tersebut sahih. Namun jika premis-premisnya benar tetapi gagal menghasilkan kesimpulan yang pasti, maka argumen tersebut tidak sahih. Berikut contohnya:
1. Semua mamalia memiliki paru-paru.
2. Semua paus adalah mamalia.
3. Dengan demikian, semua paus memiliki paru-paru.
Argumen di atas adalah argumen deduktif yang sahih karena kesimpulan yang mengikutinya memiliki kepastian jika premis-premis yang mendahuluinya benar. Dengan demikian, dalam argumen deduktif tidak mungkin premis-premis yang dibuat benar, tetapi kesimpulannya salah.
Perhatikan contoh berikut:
1. Semua binatang berkaki delapan memiliki sayap.
2. Laba-laba adalah binatang berkaki delapan.
3. Dengan demikian, laba-laba memiliki sayap.
Argumen di atas adalah benar karena jika premis-premisnya benar, maka seharusnya kesimpulannya juga benar. Namun masalahnya di sini adalah bukan karena argumen di atas tidak sahih melainkan premis-premisnya yang salah.
Sekarang perhatikan sebuah argumen yang memiki premis-premis yang benar dan sebuah kesimpulan benar yang tidak sahih:
1. Jika saya memiliki semua emas di Freeport, saya adalah orang kaya.
2. Saya tidak memiliki semua emas di Freeport.
3. Dengan demikian, saya bukan orang kaya.
Kedua premis di atas benar, tetapi kesimpulan yang mengikutinya tidak memiliki kepastian . Mengapa demikian? Karena ada banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk menjadi orang kaya tanpa memiliki semua emas di Freeport.
Sebuah argumen deduktif yang sahih dengan premis-premis yang benar adalah sebuah argumen yang masuk akal. Argumen yang masuk akal seringkali disebut orang sebagai “bukti”, tetapi istilah ini juga bisa menyesatkan. Jika premis-premisnya sangat pasti, maka sebuah argumen yang masuk akal tentu melahirkan/memberikan bukti, seperti contoh berikut:
1. Semua bujang tidak/belum menikah.
2. Semua bujang adalah laki-laki.
3. Dengan demikian, semua bujang adalah laki-laki yang tidak/belum menikah.
Premis-premis yang yang diungkapkan di atas adalah pasti karena benar secara definisi/pengertian, dan argumen yang dikemukakan masuk akal, jadi kesimpulannya merupakan bukti. Namun, perhatikan contoh berikut:
1. Semua bujang tidak/belum menikah.
2. Budi adalah seorang bujang.
3. Dengan demikian, Budi tidak/belum menikah.
Contoh di atas juga merupakan sebuah argumen yang masuk akal (sebuah argumen yang sahih disertai premis-premis yang benar), tetapi kesimpulannya bukanlah bukti. Mengapa demikian? Karena premis kedua merupakan klaim empiris mengenai keberadaan sesuatu, bukan semata-mata sebuah pernyataan mengenai makna dari istilah yang digunakan. Oleh karena itu, kekeliruan mungkin saja terjadi. Misalnya, mungkin saja ketika sedang berpesiar ke Las Vegas dalam keadaan mabuk Budi menikahi seorang penghibur dan tidak ingat dengan peristiwa tersebut.












2.Argumentasi induktif
Argumen induktif atau induksi secara umum merupakan
proses pembuatan kesimpulan umum yang berdasarkan
dukungan fakta-fakta khusus
Contoh: Karena pembunuhnya harus punya tenaga yang besar dan karena Matilda tenaganya kecil, maka sudah pasti Matilda bukan pembunuhnya.
benar jika premis-premisnya benar. Dan tingkat kemungkinan benarnya bisa bervariasi, mulai dari hanya kemungkinan kecil sampai hampir pasti.
Contoh: Karena sebagian besar pembimbing skripsi hadir pada
saat ujian skripsi dan salah satu mahasiswa yang skripsinya
dibimbing Pak Urip akan ujian skripsi bulan Januari ini, maka
kemungkinan besar Pak Urip akan hadir pada ujian tersebut dan
tidak jadi liburan ke luar negri bulan Januari ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar